Ilmu dari Mata, Telinga, dan Hati




Sudah sejak lama rasanya gue ga nulis di blog ini, sekitar 2 atau mungkin 3 tahun. Ya walaupun tulisan gue sebelumnya ga banyak, sih. Tapi banyak pelajaran hidup yang gue dapet selama vakum dari menulis di blog. Sebelumnya perkenalin gue Dio, gue anak laki-laki pertama dari 3 bersaudara. Gue suka banget sama yang namanya menulis, menurut gue itu adalah hal yang bisa mengisi waktu luang gue dan sangat bermanfaat pastinya. Haha, bullshit.
Yang pasti menulis bikin gue fresh dan produktif walaupun emang kadang ga jelas. Selama ini gue ga aktif nulis di blog, gue memperbanyak pengembangan dalam diri gue, seperti membaca dan berkebun. Iya berkebun.
Gue sekarang kuliah di Malang, kota yang sangat dingin bagi penduduk dan masyarakat jabodetabek dan sekitarnya. Gue bisa selimutan jam 11 siang. Tapi kadang keringetan. Gue tinggal dikos-kosan yang terbilang yaa mungkin biasa biasa aja. Di kos gue itu ada 40 kamar dan penuh ada orangnya semua, cowo. Tapi yang gue kenal cuma 4. Waktu jaman Maba atau mahasiswa baru, temen dikosan sesama maba banyak, ada 8. Walaupun beda jurusan. Sekarang mereka udah pada pindah. Jadilah gue Cuma kenal 4 orang.
Waktu itu gue pernah nyoba nyapa anak kos depan kamar. “mas.” Sambal ngangguk ke dia, responnya datar, ngeliatin gue, terus liat tembok. Sejak saat itu gue gamau kenal sama dia lagi. Alay.
Tapi kalo diliat-liat, ternyata bener kalo orang itu berbeda-beda, ada temen gue yang orangnya gampang banget bergaul, sok asik, ilfeel, tapi lama kelamaan, tetep sok asik. Hanya saja udah ga ilfeel. Gue? Gue tipe orang yang ramah dan pengen jadi ramah ke orang lain, tapi orang lainnya yang gamau kenal sama gue. Apa karena gue bau? Gue yakin ngga, sabun gue Lux yang mahal, gue juga udah pake Rexona setiap selesai mandi.
Makin hari gue makin merasa kesepian tinggal di kos, kadang gue nelfon kaka gue Cuma buat bilang “woy tai” terus gua mattin, seenggaknya itu bikin gue lebih baik. Saking gabutnya, sore sore gue pernah jalan jalan keluar, pake bomber merah, kaos hitam, jeans hitam, dan sepatu sneakers merah. Bayangin, jalan-jalan sore aja gue kea mau ke mall.
Tengok kanan kiri di sekeliling kota Malang banyak banget pelajaran hidup yang bisa gue dapet, sumpah banyak banget. Lo bisa ketemu sama preman preman bertato yang hidup dijalanan, ada juga tukang gorengan keringetan dengan muka bete, atau pengemis di jalanan yang kucel terkena debu dan polusi. Disitu gue terbayang “Hidup itu emang keras”. Banyak nilai-nilai kehidupan dan pengetahuan baru yang bisa lo dapetin hanya dengan jalan-jalan sore. Serius banyak banget. Kalo lo Cuma bisa 2x2=4, lo mesti jalan-jalan sore. Karena ilmu pengetahuan ga Cuma bisa didapet dari mata yang menatap kertas dan tulisan, tapi dari telinga dan hati jika kita mau merenungi.

Comments

Popular posts from this blog

How To Be More Charismatic, Part 1: 3 Ways to Get people to Like you

We Don't Even Asking! Orang tua VS Anak (Untuk Orangtua)

NEGATIVITY Virus is more DANGEROUS than CORONA VIRUS